Inilah 6 Makanan Penyebab Sering Buang Air Kecil

Dalam sehari semalam, buang air kecil normal dilakukan berkali – kali. Dan itu memang yang seharusnya. Namun, bila keinginan buang air kecil datang secara beruntun dan tidak kenal waktu, tentu ini sangat tidak Anda harapkan karena sangat mengganggu ketenangan aktifitas Anda. Bila itu yang terjadi, Anda layak waspada. Kemungkinan besar ada sesuatu yang kurang beres pada tubuh Anda.



Banyak hal yang bisa menyebabkan Anda selalu ingin buang air kecil atau beser, mulai dari kebanyakan minum, kurang tidur, karena pengaruh penyakit yang ada pada diri Anda, hingga yang disebabkan oleh makanan – makanan tertentu yang merangsang hasrat ingin buang air kecil berlebihan.
Berikut adalah beberapa jenis makanan dan minuman yang bisa menyebabkan Anda selalu ingin buang air kecil.

1. Kopi

Beberapa orang akan mengalami rasa selalu ingin buang air kecil beberapa jam setelah minum kopi. Ini bukan sesuatu yang aneh. Kopi memiliki kandungan kafein yang dapat mempengaruhi hormone anti – dieuretik. Efeknya, Anda akan merasa selalu ingin buang air kecil yang tak tertahankan setiap saat. Karena itu, sebaiknya Anda kurangi kebiasaan Anda minum kopi bila tak ingin diganggu rasa ingin pipis saat Anda beraktifitas.

2. Alkohol

Mirip – mirip dengan kafein dalam kopi, alkohol juga mempengaruhi hormone anti – dieuretik dan membuat Anda akan sering merasa ingin buang air kecil. Solusinya, hindari alkohol sejauh mungkin.

3. Jus buah

Tidak semua jus mempengaruhi keinginan ingin buang air kecil lebih banyak dari biasanya. Namun, beberapa jus buah memang mengandung zat sorbitol yang dikenal dengan sebutan glusitol, yaitu sejenis alkohol yang dimetabolisme secara lambat oleh tubuh. Zat sorbitol memiliki efek dieuretik yang mendorong rasa ingin buang air kecil lebih sering.

4. Minuman bersoda

Apapun jenisnya, minuman bersoda bisa mengakibatkan iritasi pada kandung kemih Anda. Efek yang paling cepat dirasakan adalah rasa selalu ingin buang air kecil.

5. Deplesi garam

Ketika tubuh mengalami deplesi garam atau kehilangan garam tubuh, maka Anda akan mengalami rasa ingin buang air kecil terlalu sering. Deplesi garam biasanya terjadi saat Anda melakukan gerak badan intens sehingga banyak keringat yang keluar.

6. Cokelat

Coklat mengandung beberapa senyawa yang dapat menyebabkan kandung kemih mengalami iritasi. Selain itu, mengkonsumsi cokelat dalam jumlah yang banyak akan mempengaruhi penyerapan air pada ginjal yang membuat Anda harus buang air kecil semakin sering.
Itulah 6 makanan yang bikin Anda selalu buang air kecil yang penting untuk Anda perhatikan agar Anda tidak terganggu saat beraktifitas baik itu sekolah, kuliah, bekerja atau aktifitas yang lain.
Semoga bermanfaat !

Suka dengan ini?
|

loading...