Jangan Abaikan Artikel ini!!! Waspadalah, Stroke Mata Bisa Bikin Buta Permanen, Ketahui Segera Sebelum Terlambat...

Penyakit stroke bukan cuma menyerang pembuluh darah di otak. Waspada, mata juga bisa mendapatkannya.

Stroke mata mungkin agak asing didengar. Namun, itu bisa muncul dan menyerang siapa saja. Meskipun di usia muda. Pemicunya, bisa dari bermacam hal. Namun, yg paling banyak karena di pengaruhi pola hidup.



Misalnya merokok, mengkonsumsi minuman alkohol, jarang berolahraga, hingga makanan tdk sehat bisa menjadi pemicu bila dijadikan kebiasaan. Parahnya, seranga stroke mata bisa langsung membuat buta permanen.

Stoke ini terjadi ketika pembuluh darah mata mengalami penyumbatan. Stroke mata dapat menyerang pada pembuluh arteri serta pembuluh darah vena. Bila stroke ini menyerang arteri, maka pasien hanya punya saat (golden period) satu jam untuk ditangani supaya penglihatan tdk 100 % hilang. Waktu serangan stroke mata terjadi, jadi tdk punya batas saat kritis. Semakin cepat ditangani, hasilnya lebih baik.

Stroke mata memiliki gejala yg khas. Biasanya sebelum serangan, pasien mengalami kehilangan pandangan yg mendadak. Kaburnya penglihatan itu tdk dibarengi dengan rasa sakit. Pada waktu serangan, biasanya cuma terjadi di salah satu mata.

Namun stroke mata lebih tinggi resiko kejadiaannya pada orang-orang yg alami permasalahan kesehatan tertentu. Di antaranya adalah penderita hipertensi, diabetes, cholesterol tinggi, serta pengidap penyakit darah seperti anemia maupun leukemia, lebih berpotensi untuk mengalaminya.

Serangan stroke mata ditangani dengan pembedahan untuk mengatasi genangan cairan di mata akibat adanya kebocoran. Dokter segera membatasi kerusakan atau komplikasi melalalui pengendalian faktor resiko sesuai dengan keadaan yang dihadapi pasien. Misalnya, apakah dia memiliki diabetes, hipertensi dsb. Hal ini penting untuk membantu mencegah serangan ulang di kemudian hari.

sumber : mediakesehatan.tk

Suka dengan ini?
|

loading...