12 Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Penyebab bau mulut dan cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa, Bulan Ramadhan merupakan bulan yang selalu ditunggu-tunggu banyak orang dalam setiap tahunnya. Pada saat bulan Ramdhan semua umat muslim diwajibkan untuk menjalankan puasa. Ketika puasa, maka kita tidak makan atau minum mulai dari sahur sampai waktunya berbuka puasa. 

Namun, ketika puasa biasanya mulut dan nafas menjadi bau. Munculnya bau mulut membuat banyak orang merasa tidak nyaman. Namun, anda jangan merasa khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau mulut saat puasa. 


12 Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Penyebab Munculnya Bau Mulut


1.Kebersihan Gigi Kurang Terjaga
Salah satu hasil penelitian dari International Journal of Oral Science, 85% kasus bau mulut disebabkan karena gigi yang tidak bersih. Sisa-sisa makanan yang menempel di sela gigi merupakan makanan empuk bagi bakteri. Bakteri tersebutlah penyebab munculnya bau mulut yang kurang sedap. Bakteri yang berkembang didalam mulut akan menghasilkan sulfur yang baunya seperti telur busuk. 

2. Tubuh Kurang Asupan Air
Saliva (air liur) berfungsi untuk membersihkan bakteri-bakteri yang berada di dalam mulut serta menjaga sel-sel di dalam mulut tetap hidup. Kekurangan akan cairan dalam tubuh akan menyebabkan produksi saliva (air liur) menurun. Jika kita kekurangan saliva, maka sel-sel di dalam mulut banyak yang mati. Sel-sel yang mati tersebutlah yang akan menjadi sumber bau mulut.

Penderita alergi yang tidak dapat bernafas dengan baik melalui hidung menggunakan mulut sebagai saluran pengganti. Hal ini menyebabkan mulut cepat mengering.  Jika anda merupakan penderita alergi, pastikan selalu memperhatikan kesehatan saluran pernafasan dan menambah asupan air.

3. Mengkonsumsi Makanan Sumber bau mulut.
Bawang adalah salah satu bahan makanan penyebab bau mulut. Namun tahukah anda bahwa produk-produk makanan berbahan susu dapat mengentalkan ingus (nasal mucus) dan menyebabkan aroma seperti sulfur? Tidak heran jika para penyanyi profesional seringkali menghindari makanan atau minuman berbahan susu, terutama saat mereka ingin tampil. 

Makanan-makanan berkarbohidrat tinggi juga dapat berpotensi menarik bakteri karena kandungan gulanya yang tinggi. Selain makanan, konsumsi rokok juga terbukti menjadi salah satu penyebab bau mulut.

4. Infeksi Sinus atau Amandel
Infeksi dapat terjadi di sinus dan dapat menyebabkan aroma busuk. Salah satu cara untuk mengatasi infeksi tersebut adalah dengan antibiotik (sesuai dengan anjuran dokter anda). Kasus infeksi amandel yang menyebabkan peradangan pada amandel, ataupun radang tenggorokan dapat menghasilkan butiran-butiran kalsium di bagian belakang tenggorokan, dan selanjutnya juga menyebabkan aroma tidak enak yang keluar dari mulut.

5. Kadar Asam Lambung Tinggi
Orang yang berada pada kondisi dimana tingkat asam lambung tinggi (maag), seringkali bersendawa dengan diikuti keluarnya aroma yang tidak enak. Aroma tersebut mirip aroma asam cuka. Banyak orang menduga bahwa asam lambung hanya berkaitan dengan bagian pencernaan. Namun pada kondisi yang lebih buruk, asam lambung juga bisa mencapai sinus dan bagian dalam telinga. 

6. Penyakit Serius atau Parah
Meski jarang ditemui, beberapa kasus bau mulut juga ditemui pada penderita kanker di bagian hidung, tenggorokan, telinga, dan leher. Aroma tidak sedap ini disebabkan oleh kanker itu sendiri.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Cara ini merupakan cara alami dan mudah untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa seperti yang dijelaskan dibawah ini:
  1. Ketika menjalankan puasa, maka anda tetap harus menyikat gigi anda agar terhindar dari bau mulut. Alangkah lebih baik jika anda menyikat gigi pada saat setelah makan sahur. Sikat gigi dengan baik dan benar agar tidak ada sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi anda.
  2. Bau mulut ketika bulan puasa memang sudah menjadi hal biasa. Untuk itu, ketika sahur dan buka puasa usahakan untuk mengkonsumsi air sebanyak 8-10 gelas. Minum air yang banyak dapat membantu anda menghilangkan bau mulut ketika puasa. Bau mulut pada saat puasa disebabkan oleh keringnya mulut. Dengan mengkonsumsi air yang banyak, maka akan menghindarkan anda dari dehidrasi. Selain itu, tubuh juga akan tetap segar.
  3. Berkumur mampu menghilangkan bau mulut. Ketika anda hendak sholat dan melakukan wudhu, maka sangat dianjurkan untuk berkumur dengan baik dan benar. Hal ini dilakukan agar kotoran dan bakteri yang tersisa di dalam mulut hilang. Gunakan obat kumur untuk hasil mulut yang lebih bersih maksimal.
  4. Sejak lama umat muslim sudah mengenal siwak. Siwak itu sendiri merupakan sikat gigi yang terbuat dari pohon siwak. Yang mana siwak bisa membersihkan lidah dan gigi dengan bersih. Berdasarkan penelitan siwak sangat efektif membersihkn mulut. Bahkan Nabi SAW juga menggunakan siwak untuk membersihkan giginya.
  5. Gunakan benang gigi (Dental Floss) untuk membersihkan sela-sela gigi dari makanan agar tidak membusuk yang menyebabkan bau mulut.
  6. Teh hijau diketahui memiliki banyak manfaat. Yang mana teh hijau juga bisa dijadikancara menghilangkan bau mulut saat berpuasa. Anda bisa mengkonsumsi teh hijau pada saat berbuka atau sahur. Di dalam teh hijau terkandung sebuat zat aktif yang dinamakan dengan catechin. Zat ini mampu membunuh dan membersihkan bakteri mulut dan menghapus plak pada gigi. Selain teh hijau, teh bunga lavender juga diyakini mampu mengatasi bakteri penyebab bau mulut.
  7. Berolahraga ringan secara teratur menjelang atau sesudah berbuka puasa juga bermanfaat. Olahraga dapat melepaskan zat-zat beracun dalam tubuh termasuk penyebab bau pada mulut. Hindari tidur yang terlalu lama karena hal ini akan memicu bau mulut yang tidak sedap.
  8. Hindari makanan yang berbau kurang sedap saat makan sahur seperti petai, jengkol atau durian.
  9. Kurangi merokok atau tidak sama sekali merokok saat sahur dan berbuka. Tidak merokok juga berkonstribusi besar pada pengurangan bau mulut pada siang hari bulan puasa.
  10. Tidak mengkonsumsi makanan yang lengket seperti cokelat, es krim, biskuit dan kue basah lainnya. Makanan lengket ini akan lebih sulit untuk dibersihkan, ditambah akan menempel pada gigi dalam waktu lama sehingga menyebabkan bau mulut.
  11. Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang memacu peningkatan asam lambung hingga jumlah yang tidak diharapkan, misalnya minuman beralkohool, coklat, kayu manis, dan lain-lain; apalagi jika anda memiliki masalah dengan maag.
  12. Bila telah melakukan cara-cara diatas bau mulut Anda masih juga belum berkurang. Maka konsultasikanlah ke dokter karena bau mulut juga bisa terjadi karena faktor dari dalam tubuh (maag), gangguan pernapasan, diabetes atau penyakit dalam lainnya.
Penyebab dan cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa seperti di atas bisa anda lakukan di rumah. Nah, agar anda terhindar dari bau mulut, maka anda harus menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Meskipun anda berpuasa, tetapi itu bukan berarti jika anda mengabaikan kebersihan dan kesehatan mulut anda. Agar terhindar dari bau mulut anda juga harus menghindari makanan penyebab bau mulut.

Suka dengan ini?
|

loading...