Penting Untuk Kalian Ketahui !!Masya Allah, Inilah Manfaat Setiap Gerakan Sholat Bagi Kesehatan

Sholat merujuk pada ritual ibadah pemeluk agama Islam. Menurut syariat Islam, praktek salat harus sesuai dengan semua petunjuk tata cara Nabi Muhammad, sebagai figur pengejawantah perintah Allah. 1 Umat muslim diperintahkan untuk mendirikan salat, karena menurut Surah Al-‘Ankabut bisa menghindar perbuatan keji serta mungkar.

“…dirikanlah shalat, sebenarnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji serta mungkar, serta sebenarnya mengingat Allah (salat) yaitu semakin besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). ”—Al-‘Ankabut 29 : 45

Setiap gerakan sholat yang dicontohkan Rasulullah SAW sarat bakal hikmah serta berguna untuk kesehatan. Syaratnya, seluruhnya gerak tersebut dilakukan dengan benar, tuma’ninah dan istiqamah (konsisten dilakukan).

Arti bacaan shalat yang luar biasa, termasuk segi “olah rohani” yang bisa melahirkan ketenangan jiwa, atau “jalinan komunikasi” pada hamba dengan Tuhannya, secara fisik shalat juga mengandung banyak keajaiban :

Saat Takbiratul Ihram
Rasulullah SAW mengangkat kedua tangannya ke atas sampai sejajar dengan bahu-bahunya (HR Bukhari dari Abdullah bin Umar). Takbir ini dilakukan saat hendak rukuk, serta saat bangkit dari rukuk.

Gerakan ini berguna untuk memperlancar aliran darah, getah bening (limfe), serta kemampuan otot lengan. Posisi jantung dibawah otak memungkinkan darah mengalir lancer ke semua badan. Waktu mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang hingga aliran darah kaya oksigen jadi lancar. Kemudian ke-2 tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindari dari berbagai masalah persendian, terutama pada tubuh bagian atas.

Beliau juga mengangkat ke-2 tangannya saat sujud. Apa maknanya? Ketika kita mengangkat tangan sejajar bahu, jadi otomatis kita buka dada, memberi aliran darah dari pembuluh balik yang ada di lengan untuk dialirkan ke sisi otak pengatur keseimbangan tubuh, buka mata serta telinga kita, hingga keseimbangan tubuh terjaga.

Saat Rukuk’
“Ruku’lah dengan tenang (tumaninah). ” Saat ruku’, Rasulullah SAW menempatkan ke-2 telapak tangan diatas lutut (HR Bukhari dari Sa’ad bin Abi Waqqash). Apa maknanya? Ruku’ yang dikerjakan dengan tenang serta optimal, bisa menjaga kelenturan tulang belakang yang berisi sumsum tulang belakang (juga sebagai syaraf sentral manusia) beserta aliran darahnya. Ruku’ juga bisa pelihara kelenturan tuas system keringat yang ada di pungggung, pinggang, paha serta betis belakang. 

Demikian pula tulang leher, tengkuk serta saluran syaraf memori bisa terbangun kelenturannya dengan rukuk. Kelenturan syaraf memori bisa dijaga dengan mengangkat kepala secara maksimal dengan mata mengharap ke tempat sujud.

Ruku’ yang prima ditandai tulang belakang yang lurus hingga apabila ditempatkan segelas air diatas punggung tersebut tidak bakal tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Gerakan ini bermanfaat untuk melindungi kesempurnaan posisi dan manfaat tulang belakang (corpus vertebrae) juga sebagai penyangga tubuh serta pusat saraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, jadi aliran darah maksimal pada badan sisi tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi untuk merelaksasikan otot-otot bahu sampai ke bawah. Selain itu, rukuk yaitu fasilitas latihan untuk kemih hingga masalah prostate bisa dihindari.

Saat  I’tidal
“Lalu bangunlah sampai engkau berdiri tegak. ” Apa maknanya? Waktu berdiri dari dengan mengangkat tangan, darah dari kepala bakal turun ke bawah, hingga sisi pangkal otak yang mengatur keseimbangan berkurang tekanan darahnya. Hal semacam ini bisa melindungi syaraf keseimbangan tubuh serta bermanfaat menghindar pingsan secara tiba-tiba.

Saat  Sujud
“Selepas itu, sujudlah dengan tenang. ” Apa maknanya? Apabila dilakukan dengan benar serta lama, sujud bisa memaksimalkan aliran darah serta oksigen ke otak atau kepala, termasuk juga juga ke mata, telinga, leher, serta pundak, dan hati. Cara seperti ini efektif untuk membongkar sumbatan pembuluh darah di jantung, hingga kemungkinan terkena jantung koroner bisa diminimalisasi.

Posisi sujud bermanfaat untuk memompa getah bening ke sisi leher serta ketiak. Posisi jantung diatas otak mengakibatkan daerah kaya oksigen dapat mengalir optimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Oleh karenanya, baiknya lakukan sujud dengan tuma’ninah, tak tergesa-gesa supaya darah memenuhi kapasitasnya di otak. Posisi seperti ini menghindari seseorang dari masalah wasir. Khusus untuk wanita, baik ruku’ maupun sujud mempunyai manfaat luar biasa untuk kesuburan serta kesehatan organ kewanitaan.

Duduk Diantara Dua Sujud (awal & akhir)
“Kemudian bangunlah sampai engkau duduk dengan tenang. ” Apa maknanya? Cara duduk diantara dua sujud bisa menyeimbangkan system elektrik dan syaraf keseimbangan tubuh kita. Terkecuali bisa melindungi kelenturan syaraf dibagian paha dalam, cekungan lutut, cekungan betis, hingga jari-jari kaki.

Iftirosy (tahiyat awal) serta tawarru’ (tahiyat akhir). Perbedaan terdapat pada posisi telapak kaki. ketika iftirosy, badan bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan saraf nervus Ischiadius. Posisi ini dapat menghindari nyeri pada pangkal paha yang kerap mengakibatkan penderitanya tidak dapat jalan. Duduk tawarru’ sangatlah baik untuk pria karena tumit menekan aliran kandung kemih (uretra), kelenjar kelamin pria (prostate) serta saluran vas deferens. Bila dikerjakan dengan benar, posisi seperti ini dapat mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy serta tawarru’ menyebabkan semua otot tungkai turut meregang serta lalu relaks kembali. Gerak serta tekanan serasi inilah yang menjaga kelenturan serta kekuatan organ-organ gerak kita.

Saat Salam
Gerakan memutar kepala ke kanan serta ke kiri dengan cara maksimal. Salam bermanfaat untuk bermanfaat untuk merelaksasikan otot sekitar leher serta kepala menyempurnakan aliran darah di kepala hingga menghindar sakit kepala dan melindungi kekencangan kulit muka.

Masih tetap ada gerakan-gerakan shalat yang lain yang pasti mempunyai segudang keutamaan. Seluruhnya ini menunjukkan bahwa sholat yaitu anugerah terindah dari Allah SWT untuk hamba beriman.

(Sumber:https://hot-news-24h7.blogspot.co.id)

Suka dengan ini?
|

loading...