21 Manfaat Kencur Bagi Kesehatan Salah Satunya Melangsingkan Tubuh Dan Menambah Stamina

KENCUR (kaempferia galanga) adalah salah satu jenis tanaman obat yang bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Kencur sudah sangat populer karena sering digunakan sebagai bumbu masakan serta bisa menjadi minuman yang segar dan menyehatkan tubuh,


Orang Indonesia pada umumnya mengenal tanaman obat ini dengan nama kencur yang juga dikenal demikian oleh orang Jawa. Sedangkan di sejumlah daerah lain di Indonesia, kencur memiliki nama lain, seperti cikur (Sunda), ceuko (Aceh), kaciwer (Batak), kencor (Madura), cekuh (Bali), sekuh atau sekur (Sasak), sukung (Manado), asauli (Maluku), cekir (Sumba), dan lain-lain.

Manfaat

Selain sebagai bumbu masakan dan bahan pembuat minuman, kencur memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, antara lain untuk mengobati kencing batu, keseleo, diare, radang lambung, masuk angin, sakit kepala, batuk, sakit maag, sariawan, meredakan nyeri, mengatasi timbulnya jerawat, dan juga untuk mengobati perut mulas.
Tak hanya itu, kencur juga berguna untuk meningkatkan stamina, melegakan tenggorokan, hingga digunakan untuk melangsingkan tubuh secara alami, menambah nafsu makan, mengurangi radang sendi, mengontrol kadar kolesterol, mengandung antioksidan untuk meminimalisir dampak radikal bebas terhadap tubuh, juga sebagai penghancur lemak.

Olahan

Kencur dapat digunakan sebagai bahan tambahan untuk membuat berbagai jenis masakan maupun makanan. Namun, yang paling populer bagi orang Indonesia adalah Minuman Beras Kencur yang segar dan sangat menyehatkan. Berikut ini resep dan cara membuatnya:

Bahan:

3 jari kencur
100 gram beras
1 potong jahe besar
125 gram gula jawa
white; border: 0px; color: #444444; font-family: Arial, sans-serif; font-size: 14px; font-stretch: inherit; line-height: 22.4px; margin: 0px; padding: 0px; text-align: justify; vertical-align: baseline; white-space: pre;"> 1 potong kunyit kecil
1 buah jeruk nipis
1 sendok makan asam jawa
1 lembar daun pandan
Garam secukupnya

Cara Membuatnya:

Rendamlah beras didalam air bersih selama kurang lebih 3 jam
Rebus gula jawa, jahe, kunyit, daun kencur, lalu giling bersama 3 gelas air, kemudian disaring
Setelah direbus, ambil jahe, kunyit, dan kencur, lalu giling bersama beras hingga halus.
Tuang air rebusan tadi ke dalam  gilingan kencur dan beras sedikit demi sedikit, lalu saring.
Tambahkan dengan perasan jeruk nipis dan garam.
Apabila kurang terasa manis, bisa ditambahkan gula pasir sesuai selera.
Minuman beras kencur siap disajikan, lebih nikamt diminum dingin.

Sumber : Reportase Terkini

Suka dengan ini?
|

loading...